Minggu, 12 Februari 2017

PSAK 2 LAPORAN ARUS KAS



Terdiri dari paragraph 01-53

01 Entitas menyusun laporan arus kas sesuai persyaratan dalam Pernyataan ini dan menyajikan laporan tersebut sebagai bagian tidak terpisahkan dari laporan keuangan.

02 Pengguna laporan keuangan entitas berkepentingan untuk mengetahui bagaimana entitas menghasilkan dan menggunakan kas dan setara kas. Entitas membutuhkan kas untuk melaksanakan usaha, melunasi kewajiban dan membagikan dividen kepada investor.

03 Kaitannya dengan laporan keuangan lain, informasi arus kas dapat memberikan informasi yang memungkinkan pengguna untuk mengevaluasi perubahan asset neto entitas, struktur keuangannya dan kemampuannya mempengaruhi jumlah serta waktu arus kas dalam rangka penyesuaian terhadap keadaan dan peluang yang berubah. Selain itu informasi arus kas juga berguna :
1.       Dalam rangka penyesuaian terhadap keadaan dan peluang yang berubah;
2.       Untuk menilai kemampuan entitas dalam menghasilkan kas dan setar kas;
3.       Untuk perbandingan kinerja berbagai entitas

04 Informasi arus kas historis sering digunakan sebagai indikator dari jumlah, waktu dan kepastian arus kas masa depan.

05 Definisi istilah yang digunakan dalam standar ini;

  • Akrivitas investasi adalah perolehan dan pelepasan asset jangka panjang serta investasi lain yang tidak termasuk setara kas;
  • Aktivitas operasi adalah aktivitas penghasil utama pendapatan entitas dan aktivitas lain yang bukan merupakan aktivitas investasi dan pendanaan;
  • Aktivitas pendanaan adalah aktivitas yang mengakibatkan perubahan dalam jumlah komposisi kontribusi modal dan pinjaman entitas.
06 Setara kas dimiliki untuk memenuhi komitmen kas jangka pendek, bukan untuk investasi atau tujuan lain, dengan demikian suatu investasi harus segera dapat diubah menjadi kas dalam jumlah yang dapat dientukan dan memiliki risiko perubahan nilai yang tidak signifikan. Investasi dalam bentuk saham tidak termasuk setara kas, kecuali substansi investasi saham tersebut adalah setara kas, misalnya saham preferen yang diperoleh dalam suatu periode singkat dari jatuh temponya dan tanggal penebusan telah ditentukan.


07 Pada umumnya pinjaman bank termasuk dalam aktivitas pendanaan. Namun demikian bank overdraft* merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam pengelolaan kas entitas. Sehingga dikelompokkan sebagai kas dan setara kas.

"Bank overdraft terjadi apabila suatu cek ditulis melebihi jumlah kas yang tersedia pada bank tersebut, sehingga saldo kas pada bank tersebut negative. Dengan kata lain, bank “menalangi” kebutuhan kas entitas karena dibutuhkan segera."


08  Arus kas tidak termasuk mutasi di antara pos-pos yang termsuk dalam kas atau setara kas.

09 Laporan aruskas disajikan selama periode tertentu dan diklasifikasikan menurut aktivitas operasi, investasi dan pendanaan.

10 Entitas menyajikan laporan arus kas dengan cara yang paling sesuai dengan bisnisnya. Sehingga memungkinkan pengguna menilai pengaruh aktivitas tersebut terhadap poisisi keuangan entitas serta terhadap jumlah kas dan setara kas. 

11 Suatu transaksi tunggal dapat meliputi beberapa arus kas yang diklasifikasikan kedalam beberapa aktivitas. Misalnnya pembayaran pinjakam bank yang terdiri dari pokok pinjaman dan bunga, pokok pinjaman sebagai aktivitas pendanaan dan bunga sebagai aktivitas operasi.

Aktivitas Operasi

12 Aktivitas operasi dapat digunakan sebagai indikator untuk menentukan apakah operasi perusahaan dapat menghasilkan kas yang cukup untuk,
  • Melunasi pinjaman;
  • Memelihara kemampuan operasi entitas;
  • Membayar dividen;
  • Atau melakukan investasi baru tanpa pendanaan dari luar.
     13 Aktivitas operasi terutama diperoleh dari aktivitas penghasil utama pendapatan entitas, oleh karena itu pada umumnya berasal dari transaksi dan peristiwa lain yang memengaruhi penetapan laba-rugi. Contoh dari aktivitas operasi:

  •       Penerimaan kas dari penjualan barang atau penerimaan jasa;
  •       Penerimaan kas dari royalty, fees komisi dan pendapatan lain;
  •             Pembayaran kas kepada pemasok barang dan jasa;
  •         Pembayaran kas untuk dan kepada kepada kepentingan karyawan; 
  •       Penerimaan dan pembayaran kas oleh entitas asuransi atas pembayaran klaim, premi, anuitas dan manfaat polis lain;
  •         Pembayaran kas atau penerimaan kembali restitusi pajak;
  •        Penerimaan dan pembayaran kas dari kontrak yang dimiliki untuk tujuan diperdagangkan atau diperjualbelikan.
Beberapa transaksi, seperti penjualan peralatan pabrik ataupun asset tetap lainnya, dapat menghasilkan keuntungan dan kerugian yang mempengaruhi laba-rugi. Arus kas terkait dengan aktivitas tersebut dikategorikan sebagai aktivitas pendanaan. Namun demikian apabila substansi bisnis entitas adalah sewa menyewa asset tetap, maka atas sewa dan penjualan asset tersebut dikategorikan sebagai aktivitas operasi. 

  14 Arus kas yang berasal dari transaksi efek yang tujuannya untuk diperdagangkan atau diperjualbelikan diklasifikasikan sebagai aktivitas operasi.

      Aktivitas Investasi

    Pengungkapan terpisah berguna untuk mencerminkan pengeluaran yang telah terjadi untuk sumber daya yang dimaksudkan mencerminkan pengeluaran yang telah terjadi. Beberapa contoh dari aktivitas investasi :
  •       Pembayaran kas untuk pembelian asset tetap, asset tak berwujud, dan asset jangka panjang lain, termasuk pembayaran biaya pengembangan yang dikapitalisasi dan asset tetap yang dibangun sendiri;
  •       Penerimaan kas dari penjualan asset tetap, asset tak berwujud, dan asset jangka panjang lain;
  •      Pembayaran kas untuk pembelian instrument utang atau ekuitas entitas lain dan kepemilikan ventura bersama (selain instrument yang dianggap setara kas atau instrument yang dianggap diperdagangkan atau diperjualbelikan);
  •      Penerimaan kas dari penjualan instrument utang atau ekuitas entitas lain dan kepemilikan ventura bersama (selain instrument yang dianggap setara kas atau instrument yang dianggap diperdagangkan atau diperjualbelikan);
  •         Uang muka dan pinjaman yang diberikan kepada pihak lain;
  •         Penerimaan kas dari pelunasan uang muka dan pinjaman yang diberikan kepada pihak lain;
  •     Pembayaran kas sehubungan dengan pembelian future contract, forward contract, option contract dan swap contract, selain hal tersebut untuk diperdagangkan atau diperjualbelikan;
  •      Penerimaan kas sehubungan dengan Penjualan future contract, forward contract, option contract dan swap contract, selain hal tersebut untuk diperdagangkan atau diperjualbelikan.
Jika suatu kontrak dimaksudkan untuk lindung nilai posisi arus kas teridentifikasi maka arus kas dari kontrak tersebut diklasifikasikan dengan cara yang sama seperti arus kas dari posisi yang dilindung nilainya.

      Aktivitas Pendanaan

   16 Pengungkapan terpisah berguna untuk memprediksi klaim atas arus kas masa depan oleh para penyedia modal entitas. Contoh dari aktivitas pendanaan adalah :
-          Penerimaan kas dari penerbitan saham atau instrument ekuitas lain;
-          Pembayaran kas kepada pemiliki untuk menarik atau menebus saham entitas;
-          Penerimaan kas dari penerbitan obligasi, pinjaman, wesel, hipotek, dan pinjaman jangka panjang atau pendek lain;
-          Pelunasan pinjaman;
-          Pembayaran kas oleh lessee untuk mengurangi saldo liabilitas yang berkaitan dengan sewa pembiayaan.

Bersambung…
Eka Henryawan
Eka Henryawan

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar